Studytour SMANTiTa, belajar sambil berwisata

Posted: 27 Oktober 2016 in Hobi Gue, Tentang Pendidikan

Studytour merupakan kegiatan tahunan SMANTiTa yang dikhususkan untuk siswa/i kelas XI yang akan naik ke kelas XII. Selain untuk ajang wisata siswa, kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan siswa dan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam kegiatan ini juga diagendakan kunjungan industri dan observasi lapangan ke berbagai kampus yang ada di daerah tersebut.

Selama pelaksanaannya, studytour ini selalu mendapat sambutan yang positif dari siswa maupun orang tua siswa. Walaupun membutuhkan anggaran dana yang cukup besar, namun efek positif dari kegiatan ini benar-benar dirasakan siswa. Sebagian besar siswa termotivasi kuliah karena mengunjungi kampus-kampus ternama dan kunjungan langsung ke industri. Ada juga yang termotivasi untuk belajar dan ingin kuliah hanya kerna suka jalan-jalan. Bagi mereka untuk bisa menikmati keindahan alam diberbagai tempat, tentunya dibutuhkan dana yang cukup besar. Untuk itu diperlukan pekerjaan yang baik yang dapat menghasilkan uang banyak, solusi saat ini adalah belajar yang rajin, biar bisa kuliah dan dapat kerja. Pikiran yang sederhana, namun memberikan motivasi untuk semangat mengejar mimpi.

409728_2351403913539_1503365300_31873769_2140675140_n

Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya yang diadakan pada saat liburan  naik kelas, studytour kali ini diadakan bulan desember. Hal ini dikarnakan pada liburan kenaikan kelas itu bertepatan dengan liburan puasa dan lebaran, sehingga kegiatan ini dipercepat. Masalah tujuan, sepertinya Sumatra Barat memang menjadi tujuan favorit siswa-siswi SMANTiTa. Selain karna alamnya yang indah, anggaran biaya yang diperlukan juga menjadi bahan pertimbangan siswa.

Selain untuk menambah wawasan dan motivasi belajar siswa, kegiatan ini juga sangat memberikan dampak yang baik untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan persaudaraan diantara siswa-siswi SMANTiTa. Kegiatan  pembelajaran yang dikemas dalam ajang wisata namun disisipkan  juga kegiatan-kegiatan yang menarik seperti diadakan acara malam keakraban,  membuat kegiatan ini menjadi lebih berkesan bagi siswa. Dengan demikian diharapkan  rasa cinta terhadap almamater selalu terjaga diantara siswa-siswi setelah mereka menjadi alumni.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s