Sungai Hijau Bangkinang, Alternatif Tempat Piknik Keluarga

Posted: 13 September 2016 in Hobi Gue, Lagi Serius

Beberapa tahun belakangan, Sungai Hijau menjadi tempat favorit masyarakat untuk bersantai bersama keluarga. Tempat pemandian ini yang sebenarnya hanya aliran sungai melalui kebun karet warga, kini menjadi pembicaraan seiring dengan publikasi di media sosial. Bahkan banyak media-media online yang memberitakan dan menjadikan Sungai Hijau salah satu destinasi wisata di Kabupaten Kampar.

20160912_170006

Asal-usul nama sungai hijau dikarnakan karna aliran air yang sangat bening, sehingga pantulan warna hijau dedaunan disekitar sungai  dan tumbuhan dalam air membuat warna air sungai seolah bewarna hijau. Masyarakat setempat mengenal nama sungai ini dengan nama Sungai Salo. Karna memang sungai ini mengalir diwilayah kecamatan salo. Pembangunan jalan lingkar luar kota Bangkinang membuat sungai ini menjadi menarik untuk tempat beristirahat. Berawal dari tempat singgah melepas penat setelah berkendara, hingga menjadi trendig topik diberbagai media sosial.

Seiring makin banyaknya pengunjung, masyarakat pun mulai mengelolah tempat ini. Walaupun hanya dikelolah swadaya, namun ternyata hasilnya menjanjikan. Sebelumnya hanya Sungai Hijau yang berada di tepi jalan lingkar yang dikunjungi wisatawan, namun saat ini sudah banyak dibuka tempat tempat lain, ada sungai hijau 2, sungai hijau 3, sampai sungai hijau 4 yang berada paling atas dari aliran sungai ini.

Saat libur lebaran idul adha kemaren, saya sempatkan membawa keluarga piknik ke salah satu tempat di sungai hijau, tepatnya di Sungai Hijau 4 Puncak. Memang sudah beberapa kali saya ke sungai hijau, tapi baru kali ini yang sampai ke Sungai Hijau 4 Puncak. Suasana yang asri, air sungai yang dingin dan bening, ditambah jalan perbukitan yang indah membuat saya langsung terpikir buat membantu mempromosikan tempat ini. Sehingga banyak orang yang bisa merasakan keindahannya.

20160912_170842

Selain untuk tempat piknik keluarga, tempat ini juga bisa dijadikan tempat mengadakan kegiatan lapangan bagi pelajar dan mahasiswa, misalnya kegiatan perkemahan pramuka atau kegiatan pelantikan. Harapannya untuk kedepan, semoga tempat ini dikelola secara profesional dan fasilitas penunjang dapat dibangun. Semoga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s