UN 2015, masihkah ada yang curang???

Posted: 24 Maret 2015 in Lagi Serius

Mungkin saat ini berita seputar kriminalisasi KPK, kasus BG, AS dan BW sudah tidak hangat lagi seperti bulan lalu. Permasalahan pro dan kontra hukuman mati terpidana kasus narkoba sempat membuat kasus-kasus tersebut tidak lagi menjadi sorotan utama media. Apalagi saat ini kasus dana APBD DKI jakarta juga lagi hangat-hangatnya. Namun ini semua akan bertahan hingga beberapa hari kedepan. Sebentar lagi media akan dihebohkan oleh berita-berita seputar Ujian Nasional.

Ujian Nasional atau yang dikenal dengan UN selalu menjadi berita menarik disetiap tahunnya. Pro dan kontra pelaksanaan UN juga selalu menjadi perdebatan yang sengit di berbagai media. Mulai dari sistem pelaksanaan, tujuan pelaksanaan, kendala-kendala dalam pelaksanaan dan tentunya kecurangan yang selalu mewarnai pelaksanaan UN disetiap tahunnya.

Pemerintah melalui kementrian pendidikan telah mengeluarkan aturan pelaksanaan UN 2015. Prosedur Operasional standar (POS) juga sudah dikeluarkan oleh BSNP. Salah satu poin yang selalu menimbulkan permasalahan adalah hasil UN yang menjadi penentu kelulusan siswa. Seperti yang disampaikan oleh bapak mentri, hasil UN tidak menjadi syarat kelulusan. Hal ini sangat jelas diatur dalam Permendikbud no 5 tahun 2015, dijelaskan bahwa kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditetapkan oleh satuan pendidikan tersebut melaluli rapat dewan guru. Hasil UN digunakan untuk pemetaan dan pertimbangan masuk perguruan tinggi.

Peraturan ini sangat melegakan semua pihak, terutama siswa yang akan melaksanakan UN tahun 2015 ini. Tidak ada lagi kecemasan tidak lulus sekolah hanya karna tidak lulus UN. Begitu juga para guru disekolah, tidak ada lagi alasan yang “menghalalkan” terjadinya kecurangan. Berbagai media berhasil mengungkap modus kecurangan ini tiap tahunnya, tetapi masih saja terjadi.

Akankah UN 2015 ini berjalan dengan baik, ataukah masih tetap ada kecurangan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s