Budaya korupsi Harus dilawan dengan Budaya Anti Korupsi

Posted: 28 Agustus 2014 in Lagi Serius

Kejahatan korupsi sepertinya sudah menjadi hal yang biasa, sehingga korupsi pun dianggap sebagai budaya. Tidak jarang kita mendengar istilah “budaya korupsi” dalam berbagai pemberitaan media ataupun dalam acara-acara formal lainnya. Sebegitu parahkah kejahatan korupsi menggerogoti bangsa ini?.

Peranan pemerintah dan lembaga penegak hukum sangat diperlukan dalam upaya pemberantasan korupsi. Walaupun KPK telah menunjukkan kinerja yang baik, namun kejahatan korupsi tetap saja terjadi. Upaya penegakan hukum dengan pemberian hukuman yang berat ternyata tidak membuat gentar para calon koruptor baru untuk beraksi. Untuk itu, selain pemberantasan, korupsi juga harus dicegah.

Kementrian Pendidikan Dan kebudayaan telah membuat kesepakatan bersama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk lebih mengintensifkan pemberantasan korupsi melalui Pendidikan Anti Korupsi . Harapannya adalah dunia pendidikan akan menjadi salah satu motor pemberantasan melalui proses pembudayaan sikap dan prilaku anti korupsi.

Salah satu upaya pengembangan budaya sikap dan prilaku anti korupsi tersebut, pemerintah melalui dirjen pendidikan menengah kementrian pendidikan dan kebudayaan memberikan bantuan social kepada sekolah-sekolah untuk menyelenggarakan pendidikan anti korupsi.

SMA Negeri 3 Tapung merupakan salah satu sekolah dari 75 sekolah lainnya penerima bansos tersebut. Untuk itu, SMAN 3 Tapung akan segera mengadakan seminar Pendidikan Anti Korupsi. Sesuai dengan agenda pada proposal, kegiatan seminar akan dilaksanakan pada minggu kedua september dengan menghadirkan narasumber dari Dianas Pendidikan dan Kebudayan kab. Kampar dan dari polsek Tapung. Diharapkan dengan adanya seminar ini bisa mencegah terjadinya korupsi dengan mengembangkan budaya anti korupsi. Semoga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s