UN Jujur Untuk Perbaikan Sistem Pendidikan

Posted: 15 April 2013 in Lagi Serius

Hari pertama pelaksanaan UN, ternyata kendala teknis menyebabkan UN terpaksa tidak bisa digelar serentak dah kayak lebaran aja nih. Permasalahan ini tentunya akan menjadi bahasan baru dalam pro kontra UN yang selama ini memang telah banyak permasalahan. Namun mudah-mudahan tidak ada masalah-masalah yang lain dalam pelaksanaan hingga 3 hari kedepan.

Isu-isu kebocoran ujian atau peredaran kunci jawaban melalui sms memang tidak lagi terdengar seperti tahun lalu. Semoga ini memang bisa dijadikan indikator pelaksanaan UN jujur yang tentunya sangat diharapkan oleh semua pihak. UN jujur adalah harapan untuk perbaikan citra UN itu sendiri. Apakah permasalahan yang selama ini diperdebatkan itu benar-benar terjadi atau hanya isu saja.

Berbicara sedikit tentang kecurangan UN, ini tentunya tidak lepas dari kecemasan masyarakat yang berlebihan, terutama siswa dan guru. Berbagai hal yang selama ini dijadikan alasan yang menyebabkan kecurangan UN seolah-olah dihalalkan. Permasalahan pemerataan tenaga pendidik, sarana prasarana sekolah, kekurangan guru, dan sebagainya, selalu jadi penyebab ketidak siapan berbagai pihak dalam pelaksanaan ujian yang menentukan kelulusan siswa. Banyak sekolah didaerah yang merasa tidak siap kalau ujiannya disamakan dengan sekolah di kota besar. Apalagi sejak diadakan program RSBI yang menunjukkan adanya kesenjangan antara sekolah di kota dengan sekolah di daerah terpencil. Mengingat kelulusan itu penting, makanya banyak yang tidak mau masa 3 tahun di SMA menjadi sia-sia hanya kerna UN yang 4 hari ini.

Kalau dah membicarakan ini, gak tau lagi siapa yang disalahkan. Ini memang seperti lingkaran setan yang gak ada ujungnya. Pemerintah bersikeras melaksanakan UN dengan berbagai pertimbangan. Nilai minimal yang merupakan syarat kelulusan pun selalu di tingkatkan hingga saat ini 5,5. Tetapi kelulusan tidak hanya tergantung nilai UN, nilai dari sekolah mempengaruhi 40 % terhadap kelulusan. Tetapi tetap saja menjadi kecemasan berbagai pihak, ya alasan nya berbagai hal diatas tadi. Hasil UN sebenarnya dibutuhkan pemerintah buat evaluasi kebijakan, dan tentunya buat perbaikan sistem pendidikan selanjutnya.

Semoga saja UN tahun ini benar-benar bisa membawa perubahan yang berati bagi sistem pendidikan di Indonesia ini.

UN Harus JUJUR……..!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s