Hati-hati, lebay di dunia maya bisa menjauhkan jodoh anda di dunia nyata

Posted: 10 Maret 2012 in Becanda dikit ya

Tiba-tiba saja naluri ngeblog saya kembali terpancing setelah mendengarkan curhat salah seorang teman yang ditolak sama cewek yang ditaksirnya, hanya gara-gara si cowok terlalu lebay di dunia maya. Biasanya orang bisa nemuin jodohnya dari dunia maya, ini malah dunia maya yang menjauhin jodohnya. Hmmm.. Tak adil memang bagi si cowok, kalo si cewek hanya menilai dia dari kelebayannya di jejaring sosial dunia maya, padahal si cewek tersebut tidak terlalu mengenal dia di dunia nyata. Saya malah kepikiran kejadian ini juga akan terjadi pada diri saya, atau jangan-jangan memang telah  terjadi. Soalnya saya sering nulis yang lebay dan terkadang malah jadi aL4y.  Mungkin aja ini penyebab saya lama jomblo. Makanya saya kepikiran membaha smasalah ini.

Umumnya memang jejaring sosial merupakan cerminan kehidupan sosial di dunia nyata. Tapi tidak bisa juga dijadikan satu-satu nya indikator penilaian untuk seseorang apalagi buat nyari jodoh. Banyak orang yang eksis didunia maya namun gagal dalam kehidupan sosial dunia nyata. Banyak juga mereka yang sangat humoris ketika online, tapi malah terkesan pendiam ketika berhadapan dengan kehidupan nyata. Terkadang pendiam dan patuh didunia nyata, namun malah suka memaki-maki orang di dunia maya. Ada juga yang suka sok-sok beriman, dan selalu berdoa di status jejaring sosial, malah kelihatan jadi ria kan?. Belum lagi mereka-mereka yang sok sibuk, sok kaya dan sebagainya. Apakah kita yakin tentang diri mereka hanya dari menilai dari dunia maya?

Yang jelas, aktivitas kita di jejaring sosial merupakan bentuk ekspresi diri, yang kadang tak sesuai dengan yang sebenarnya. Namun yang pasti kita bisa menilai seseorang dari kenarsisannya. Semua orang yang aktif di dunia maya merupakan orang-orang yang narsis, ingin dilihat dan ingin memperlihatkan dirinya. Tinggal kadarnya aja yang berbeda, ada yang wajar dan ada pula yang kelewatan narsis. Tetapi memang kebiasaan didunia maya ini bisa menjadi penilaian orang terhadap diri kita. Banyak yang terlihat makin rendah hanya karna sering menulis hal-hal yang tidak pantas dan tidak sesuai dengan dirinya. Namun kalau terlalu baik didunia maya pun malah terkesan lebay dan sok-sok an.

Untuk itu kita harus bisa memilah-milah. Mana yang baik dan mana yang buruk. Kita juga tidak boleh memfonis orang hanya dari kebiasaannya di dunia maya. Tetapi harus di ingat, semua orang bisa menilai kita dari aktivitas kita di jejaring sosial dunia maya, terlebih jika mereka tidak kenal dunia nyata kita. Maka berhati-hatilah jangan sampai orang menilai anda salah dan jangan sampai kenarsisan anda malah menurunkan harga diri anda. Hmmmm…. jadi hati-hati lah nulis status, hati-hati ngetwit dan hati hati nulis postingan ketika ngeblog. Jangan sampai dunia maya menjauhkan jodoh anda di dunia nyata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s