Antara UN dan Liburan Paket Hemat Gue.

Posted: 23 April 2011 in Becanda dikit ya

Hari ni gw pengen nulis tentang liburan gw kemarin. Maaf kalo rada-rada ngacok dan gaul gini, ini mungkin kerna gue kesurupan setan gaul yang alay banget. Pasalnya gw sempat singgah di daerah yang namanya Tanjung Alai (salah satu daerah di Kampar), pulang dari situ tiba-taba aja gw jadi gini kayak ABG yang belum aqil baliq. Sebenarnya ga’ ada kaitannya sih…. he….

Liburan gw kali ini lagi-lagi ke Sumatra Barat. Ngapa Harus ke Sumbar? ngapa tak ke Bandung, Bali ato Malaysia? Alasannya sederhana : 1) Karna Sumbar memiliki pesona alam yang indah, gw hobi bangat liburan melihat pemandangan alam, gw tak bosan-bosan melihat keindahan alam di sini. 2) Sumbar tujuan wisata yang paling dekat dengan Bangkinang, kampung gw. 3) Gw banyak kenalan orang Sumbar, dengan harapan biar bisa gw manfaatin untuk menghemat pengeluaran gw dalam bidang transportasi, kosumsi dan akomodasi, termasuk buat gw aniaya untuk jadi guide gratisan. 4) Gw memang tak ada dana buat liburan kali ini, makanya gw pengen buat liburan ini jadi beda. Yupz, Liburan Paket Hemat dan memprihatinkan.

Kepergian gw ke padang memang sedikit dianggap kontroversi ni gw ga’ ngerti nulis apaan. Maksudnya gini, banyak yang berfikir tak seharusnya gw pergi liburan karna bertepatan dengan Ujian nasional (UN), dikala murid-murid gw kesusahan, eh malah gw nya asik-asikan liburan. Gw sempat terganggu dengan komentar itu, tapi gw coba jelasin ke mereka, dan disini juga gw jelasin lagi. Sedikitpun gw tidak merasa kalau dalam UN ini mereka akan kesusahan, menderita apalagi teraniaya. Tolong jangan remehin murid-murid gw, cukup gw yang anda remehin. Bagi gw tak ada yang masalah, karna gw dah betul-betul mempersiapkan murid-murid gw dari setahun yang lalu untuk menghadapi UN ini, dan gw yakin mereka benar-benar siap. Sesuai aturan pun, gw tak boleh berada di sekolah pas UN. Takutnya gw malah dikira mau menunjukkan mereka, padahal gw anti bangat dengan kecurangan-kecurangan ini. Dari pada kehadiran gw malah jadi masalah, makanya mending gw ikut teman gw (yang juga guru) pulang kampung.

Gw pergi tepat sehari sebelum UN dan pulang sehari setelah UN berakhir. Tentang cerita liburan gw akan gw tulis dalam postingan berikutnya. Hari ini gw fokus buat menjelaskan maksud gw liburan. Ya, kembali ke permasalahan. Gw bukan nya ga’ khawatir sama murid-murid gw. Gw juga pengen mereka lulus 100%. Bahkan saat liburan gw juka kepikiran mereka, gw juga selalu ngasih semangat walopun cuma lewat sms. Gw yakin mereka bisa lulus, dan mereka juga yakin. Setiap kali habis UN mereka juga ngelaporin gimana soal-soal UN tadi, dah rata-rata mereka optimis untuk lulus. Alhamdulillah, saat seperti ini lah ternyata jerih payah kita sebagai guru terbalaskan. hilang semua capek yang dulu terasa. Apalagi kalo memang nantinya mereka lulus 100%, pasti akn lebih bahagianya gw.

Tapi yang tak enaknya ada juga yang ngelaporin kalo kata teman-temannya di sekolah lain ada jawaban UN yang beredar lewat SMS, ntah benar ntah tidak, gw kurang percaya dengan hal ini. Tapi gw tak peduli, gw akan bahas ini lain kali di postingan berikutnya. Yang jelas mereka bangga dengan sekolah ini yang telah melaksanakan UN dengan jujur, dan tentunya sekolah-sekolah lain juga demikian. UN telah berakhir, semoga semua sekolah melaksanakan UN dengan jujur, apapun hasinya tentunya ini menjadi pelajaran bagi siswa, bagi guru selaku pendidik, bagi dinas-dinas terkait, dan juga bagi pemerintah untuk perbaikan sistem Pendidikan Nasional.

Begitu juga dengan liburan gw kali ini, terlepas dari kontroversinya, gw hanya ingin UN jujur, gw pengen orang-tau kalo guru-guru itu tidak seperti yang diisukan, yang suka nunjuin ujian. Gw tak ingin orang-orang ngeremehin murid-murid gw. Gw ingin buktikan UN bisa jujur dan UN harus jujur. Selebihnya gw hanya lah manusia biasa, gw pengen refresing setelah dua bulan belakangan gw disibukkan dalam persiapan UN ini. Jadi bagi gue UN adalah tempat bersenang-senang murid-murid gw yang telah gw gembleng habis-habisan. Dan gw juga bersenang senang dengan liburan paket hemat gw. Gue ingin kita sama-sama bersenang-senang walaupun di tepat yang berbeda.

Komentar
  1. Syaiful Afrizon, S.Pd mengatakan:

    Telat…..

    Laen kali ya…..

Tinggalkan Balasan

