Tulisan mu Harimau mu

Posted: 9 April 2011 in Becanda dikit ya

Tak terasa ternyata hari ni tepat setahun keluarnya SK saya. Yupz, tanggal 9 april 2010  yang lalu SK itu dibagikan. Berarti dah hampir 1 tahun saya bolak balik Tapung-Bangkinang, tiap hari. Capek juga ya….. Ya gimana lagi, namanya ja pengabdian pada Nusa dan Bangsa, he…

Ingat pembagian SK, jadi ingat juga kalo setahun yang lalu, waktu tu saya kena tegur ma teman (yang kebetulan kerja di salah satu instansi pemerintah). Pasalnya adalah karena kelalaian saya juga mungkin. Ngetweet sembarangan. Ternyata tweet saya yang saya buat karna kegirangan dapat SK dan kekecewaan karna SKnya salah, malah ternyata merugikan orang lain. Saya nulis cuma buat lulu-lucuan dan mempermalukan diri sendiri ternyata orang lain yang merasa dipermalukan.

Sebenarnya gini, dari bulan januari di tungguin, akhirnya bulan april SK tu baru dibagikan. Wajar dunk kalo saya dan teman-teman yang lain pada gak sabaran. Saya juga pengen tau dimanakah saya akan ditempatkan.  Nerima SK waktu tu rasa-rasa nerima rapor SD ajja,  karna pas SD ja saya juara, jadi nerima rapornya harap2 cemas, tapi pas waktu SMP n SMA dah gak lagi, biasa ajaa, karna dah tau nilainya ancur… Jadi deg-degkan, perasaan senang karna dah dapat SK, dan cemas kalau-kalau saya ditempatkan jauh dari peradaban dunia maya. Pas SK nya saya terima, langsung mata saya mengarah ke tempat penempatan. Astafirullah, ternyata di SMA Negeri 3 Tapung. Sumpah, ntah apa yang ada di otak saya waktu itu, karna saya tau persis SMA N 1 Tapung nya, jauh banget… Tapi saya tak mikir panjang, saya dah siap ditempatkan dimana ajja.Lagian setelah pergi mencari sekolah keesokan harinya, saya bersyukur  ditempatkan di SMAN 3 Tapung. Baca di sini

Yang jadi masalah, ternyata ada sedikit kesalahan pada SK, tapi fatal. Sebenarnya saya malu  ngasih tau salahnya, tapi kalo tak dikasih tau ntar jadi tak jelas ini postingan apaan. Oke, cuma salah ketik dikit ajja koq, yang salah ketik di SK tu kemaren cuma jenis kelaminnya. Yupz, jenis kelamin saya dibuat di situ wanita. Hmmmm Bodohnya saya, malah ngasih tau  ke teman-teman pula,

Saya : “aduh, kayaknya SK saya salah ni woi, ni coba liat..salah kan…kan…kan!!” Dasar teman-teman pada iseng, eh malah saya pula yang disalahin.

Katanya” jagan-jangan di SKnya benar, yang aslinya yang salah…..!!! periksa dulu sana…!!!”.

Saya : “Kampret lah….!!!”

Akhirnya saya lapor ke petugasnya, dan langsung dibenerin. Masalah SK tu selesai, tapi masalah salah kelaminnya terus aja jadi bahan ketawaan teman-teman. Jadi karna saking senangnya SK saya keluar, dan saking kesalnya karna saya salah kelamin salah ketik maksud nya maka lahirlah tweet saya yang bermasalah itu, kalo tak salah gini  ” Alhamdulillah SK saya keluar, Astafirullah di SK jenis kelamin saya tertulis Wanita“. Tujuan saya cuma buat asik-asikan, luapan kegembiraan dan kekesalan, juga mungkin buat mempermalukan diri yang tanggung-tanggung malu. Tidak sedikitpun niat buat mempermalukan orang. Namun ternyata tweet tersebut malah dikomentari miring. Dan akhirnya saya di nasehatin oleh seorang teman. Katanya ada pihak-pihak yang merasa tersinggung, karna kelalaiannya di ekspose. Maaf…. saya tidak bermaksud begitu. Saya tau koq saya salah….

Dari situ lah saya jadi sadar, ternyata tulisan mu harimau mu, hati-hati nulis, bisa-bisa ngerugiin diri sendiri ataupun orang lain. Saya juga jadi  sadar, mungkin saja suatu saat nanti kelalaian atau kesalahan saya juga akan di ekspose orang. Karna jaman begitu canggih, setiap orang bisa berbicara apapun dan nulis apapun. Jangan sesekali bikin kesalahan ato merugikan orang lain. Saya jadi hati-hati buat nulis dan juga hati-hati buat bertindak, apalagi saya seorang guru. Mungkin saja apa yang saya lakukan bisa-bisa diposting anak-anak murid saya. Ntar ada pula video guru yang joget-joget india beredar di youtube…. hahahah. Jangan sampai.

Tapi jangan terlalu takut, kalo memang ada yang salah dan merugikan banyak orang, ya saya akan tetap posting disini. Selain buat asik-asikan, saya juga mau blog saya ini bermanfaat, bagi dunia pendidikan di  Kampar setidaknya. Biarpun saya bukan wartawan, tapi mungkin ini bisa jadi tempat  menyalurkan hobi jurnalistik  saya yang sangat minim ini. Perlu belajar lebih banyak lagi.

*** ^_^ ***

Komentar
  1. GreatQo mengatakan:

    postingannya bagus bang!
    Hahaha kok malah marah, emang siapa yang tersinggun kayak gitu aja. Padahal kan biasa aja.😆
    memang, kita mesti hati-hati kalo nulis sesuatu (Adhe pernah kena sama salah satu dosen kita, syukurlah cuma salah paham). Tapi kalo gak nunjuk seseorang/isntansi tertentu kan okeoke aja. Jaman reformasi, demokrasi coy..:mrgreen:

  2. Syaiful Afrizon, S.Pd mengatakan:

    Makasih pujian nya…
    masih perlu bnyak belajar dhe…
    Makasih juga ya dah banyak ngajarin Ilmu-Ilmu yang menesat kan ini….

    Tu pegalaman pribadi dhe, kisah nyata…..
    Orang2 sini belum siap di keritik….😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s