UN yg menakutkan…..?

Posted: 28 Maret 2011 in Lagi Serius

Ujian Nasional (UN) ternyata masih menjadi momok bagi siswa dan mungkin juga bagi guru-gurunya. Walaupun sekarang tidak hanya nilai UN yang jadi penentu kelulusan, tetapi tetap saja banyak siswa yang merasa cemas dengan pelaksanaan UN ini.  Mereka banyak yang meragukan kemampuannya untuk dapat lulus dalam UN mendatang. Padahal UN hanya tinggal menghitung hari.

Setiap tahun pelaksanaan UN selalu menimbulkan pro dan kontra, termasuk dari kalangan pendidik sendiri.  Banyak yang menyayangkan UN menjadi satu-satunya indikator kelulusan. Gagal UN, berarti sia-sialah pengorbanan selama 3 tahun SMA. Inilah yang menyebabkan terjadinya kecurangan-kecurangan dalam pelaksanaan UN sebelumnya. Untuk tahun ini pemerintah telah mengeluarkan kebijakan yang mungkin dapat mengurangi kecemasan kita dalam menghadapi UN. Sekarang kelulusan tidak hanya ditentukan oleh hasil UN, 60% dari nilai UN dan 40%  dari nilai semester sebelumnya (3, 4, 5 dan NUS). Untuk Lebih jelasnya silakan baca disini.

Jika masih ada yang cemas dan merasa UN tahun ini  menakutkan, berarti mereka masih merasa belum siap. Atau juga mungkin selama ini belajarnya yang tidak serius. Namun jika guru-gurunya yang merasa cemas, berarti mereka gagal dalam mengajar dan menyiapkan anak didiknya untuk menghadapi UN ini.

UN tidak hanya tahun ini saja, jika persiapan kita hanya 2 bulan saja menjelang UN, mungkin ini memang menjadi hal yang menakutkan. UN digelar tiap tahun , jadi persiapannya juga harus jauh-jauh hari. Selain itu dinas pendidikan juga telah mengeluarkan SKL sebagai pedoman kita untuk belajar dan mengajar. Harusnya jika kita benar-benar belajar dan membahas contoh-contoh soal UN yang sesuai SKL, maka bukan hal yang mustahil untuk bisa mencapai skor 5,5 tersebut. Tapi anehnya, banyak diantara siswa mungkin juga guru yang tidak belajar dengan serius, mereka hanya cemas dan mungki memikirkan solusi-solusi lain. Solusi yang terbaik untuk menghilangkan kecemasan ini hanyalah dengan belajar, manfaatkan sisa waktu yang masih tersisa dengan sebaik-baiknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s