Mau pintar, koq mahal…..?

Posted: 23 Mei 2009 in Lagi Serius

Hari ini seharusnya saya berada di sebuah gedung mengah, mengikuti sebuah seminar pendidikan yang di adakan oleh sebuah lembaga penelitian pendidikan di Kampar. Seminar tersebut bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru, pembicaranya juga merupakahkan tokoh pendidikan nasional. Namun karena biaya terlalu mahal, saya terpaksa mengurungkan niat.
Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah, mungkin bukan lah biaya yang terlalu mahal apabila kita bandingkan dengan ilmu yang diperoleh pada seminar tersebut. Namun apabila dibandingkan dengan gaji saya sebulan, yang tidak sampai dua kali lipat dari biaya seminar tersebut, mikir-mikir dulu…..
Pengen pintar aja koq mahal……..? itulah yang kita rasakan di negeri ini. Sebenarnya seminar-seminar seperti itu sangat dibutuhkan oleh guru-guru untuk meningkatkan kemempuan dan profesionalisme mereka, namun selalu masalah finansial yang mengalangi. Sehingga yang ikut selalu guru-guru yang PNS, yang telah mapan, memiliki gaji besar, telah senior, tentunya telah berpengalaman. Sedangkan guru guru honorer, yang masih muda, butuh ilmu, butuh pengalaman, ga mampu ikut.
Begitu juga dengan biaya pendidikan. Sekarang ini sekolah berlomba-lomba mnetapkan biaya pendidikan masing-masing, tergantung dari tingkat favorit atau tidak nya sekolah itu. sesuai hukum ekonomi, sekolah yang favorit, yang fasilitasnya lengkap, pasti biaya pendidikan di sekolah itu mahal pula. Makanya yang masuk hanya lah anak-anak pejabat, orang-orang kaya, sedangkan orang-orang miskin yang ingin merasakan pendidikan yang lebih baik, berpuas dirilah tetap di kampung, menikmati pendidikan yang seadanya, itupun jika ada sekolah.
Sekaran Pemerintah tengah menggalakkan Sekolah gratis, mudah-mudahan terlaksana, amin….
“Sekolah gratis ada di mana-mana” atau “Sekolah Gratis Ada Di Mana….?”
Kita buktikan saja…..!

yang mau baca Resensi Buku : Orang Miskin Dilarang Sekolah http://www.resistbook.or.id/index.php?page=resensi&id=53&lang=id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s