Sejarah Hari Pendidikan

Posted: 3 Mei 2009 in Lagi Serius

Salam Pendidikan

Selamat Hari Pendidikan……….. Saya rasa sebahagian besar kita tau kalau tanggal 02 Mei adalah Hari Pendidikan Nasinal (ada yang ga’ tau..???, keterlaluan tu namanya….). Tau ga’ sejarah ngapa koq 02 Mei diperingati sebagai Pendidikan Nasional……? Ayo, igat-ingat lagi guru IPS nya di Sekolah Dasar dulu……

Mungkin sedikit mengingatkan aja, 02 Mei diperingati sebagai hari Pendidikan Nasional adalah untuk sebagai penghargaan kepada Bapak Pendidikan kita. (siapa bapak Pendidikan Nasional….?) Yupz benar, Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantara lahir pada tanggal 02 Mei 1889. Beliau adalah tokoh yang mempertaruhkan dan mengabdikan hidupnya pada perjuangan Bangsa, melalaui Pendidikan. Selama hidupnya, pendiri Taman Siswa ini juga aktif dalam organisasi perjuangan kemerdekaan. Pada tahun 1908 ia mendirikan Budi Utomo, dan tahun 1912 ia mendirikan partai pertama yang berazaskan nasionalisme di Indonesia, Indische Partij. Tau kan kalau beliau juga merupakan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Pertama Indonesia?. Sebagai penghargaan terhadap semangat dan pengabdiannya kepada dunia pendidikan, maka hari kelahirannya di peringati sebagai Pendidikan Nasional.

liat di sini : http://tamansiswa.org/sejarah-tamansiswa.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s